Sabtu, 06 Juni 2009

tips agar bisa menuangkan Ide Menjadi Tulisan

1 komentar
Ide bisa dateng kapan saja dan di mana saja tanpa diduga, jika tidak segera ditangkap ia bisa terbang begitu saja.

Bagi seorang Blogger, ide menulis dapat menjadi sesuatu yang bikin gemes. Bayangkan saja, kadang kala kita kehabisan ide untuk menulis disaat kita ingin menulis, namun di waktu yang lain ide dapat muncul secara beruntun dan sekaligus banyak disaat kita malah tidak di depan komputer.

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami hal ini, sudah enak duduk di depan komputer berteman kopi atau teh anget *apalagi ditambah pisang goreng* dengan ide yang dirasa begitu banyak namun ketika mencoba menulis tak ada satu pun yang jadi. Ujung-ujungnya seperti yang pernah aku alami, postingan yang keluar cuma : “Selamat pagi, apa kabar dunia?” Ha ha…

Dari pengalaman itu aku lalu mencoba untuk menangkap ide ketika dia muncul. Cukup simpel. Tak perlu menjadi tulisan yang lengkap terlebih dahulu. Langkah yang penting adalah tangkap, catat! Karena ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja ( WC - red), sebaiknya selembar kertas dan pulpen ada di dalam kantong. Atau kalau lagi di depan komputer bisa diketik pada text editor semacam Word atau notepad. Bahkan menyimpan pada draft SMS ponsel juga dapat dilakukan. Tidak peduli ide yang muncul bagus atau tidak, benar atau salah, yang penting catat. Dan di sini hal yang penting dicatat adalah kata kunci atau keyword yang bisa mengingatkan kita pada ide awal.

Seperti kata pepatah yang mengatakan pikiran kita ibarat kera yang melompat kesana-kemari, dalam proses mencatat ini pun kadang kala muncul ide lain yang tidak berhubungan dengan ide sebelumnya. Tak apa… buka notepad baru, catat saja, save lalu dapat kembali ke ide semula *atau ke ide yang mengalir paling deras*.

Buatlah ide-ide tersebut menjadi sebuah list atau daftar. Manfaatkan Draft pada mesin blog. Ketika ide-ide tersebut dicatat pada kertas, selesai maupun tidak selesai, tuangkan pada Draft mesin blog. Bila suatu saat ada ide dengan tema sejenis muncul tinggal ditambahkan. Dan ketika tulisan sudah lengkap… tinggal dipublish deh!

Namun jangan pula memaksakan diri. Hiduplah seperti air, biarkan dia mengalir. Ketika ngga ada ide yang muncul ya jangan dipaksakan. Inspirasi menulis bisa dirangsang dari berbahai hal seperti blogwalking, ngegame atau nonton TV. Bila ide tak kunjung datang, matikan komputer sejenak, cari udara segar di luar. Mungkin pikiran kita lagi jenuh.

Yak, sekian dulu ide yang berhasil kupanaskan lalu kutuangkan pada sebuah cangkir dan dihidangkan pada menu bernama “blog”… Selamat menangkap si ide

Komentar

  1. Davis_kpi says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Leave a Reply

Terima kasih telah meluangkan waktunya berkomentar di blog saya. dan anda harus ingat, komentar anda adalah My inspiration